Home » » ORGAN REPRODUKSI PADA MANUSIA

ORGAN REPRODUKSI PADA MANUSIA


       Berdasarkan cara perkembangbiakannya manusia tergolong  vivipar dengan fertilisasi internal. Ditinjau dari jenis kelaminnya, manusia dapat dibedakan menjadi pria dan wanita. Pria dan wanita mempunyai organ reproduksi yang berbeda.

1.  Organ Reproduksi Pria
     Organ reproduksi pria mempunyai 2 fungsi reproduksi, yaitu produksi sel kelamin dan pelepasan sel-sel kesaluran sel kelamin wanita. Organ reproduksi pria terdiri atas 4 bagian utama, yaitu testis, vas deferens, kantong sperma, dan penis.

a. testis
     Testis berjumlah sepasang dan terbentuk bulat telur. Testis tersimpan dalam suatu kantong yang disebut skrotum atau kantong buah zakar. Testis berfungsi sebagai tempat pembentukan sel sperma dan hormone kelamin (testoteron).

b. Vas defferens
     Vas deferens merupakan saluran yang menghubungkan testis dan kantong sperma. Vas deferens berjumlah sepasang. Bagian ujungnya terletak di dalam kelenjar prostat.

c. Kantong Sperma
    Kantong sperma berjumlah sepasang dan berfungsi untuk menampung sperma sebelum dikeluarkan dari tubuh seorang pria.

d. Penis
     Di dalam penis terdapat uretra yang berfungsi sebagai saluran urine dan saluran sperma.


2. Organ reproduksi wanita
     Organ reproduksi seorang wanita terdiri atas ovarium (induk telur), oviduk/tuba fallopi (saluran telur), dan vagina.

a. Ovarium
    Ovarium berjumlah sepasang dan berfungsi menghasilkan sel telur (ovum). Ovarium terletak di rongga perut tepatnya di daerah pinggang kiri dan kanan. Ovarium diselubungi oleh kapsul pelindung dan mengandung beberapa folikel. Setiap folikel mengandung satu sel telur. Folikel merupakan struktur, seperti bulatan-bulatan yang mengelilingi oosit dan berfungsi menyediakan makanan dan melindungi perkembangan sel telur.
   Sel telur yang telah masak akan lepas dari ovarium. Peristiwa itu disebut ovulasi. Selain menghasilkan sel telur, ovarium juga berfungsi menghasilkan hormon estrogen dan progesteron.

b. Oviduk
    Oviduk berjumlah sepasang dan berfungsi menggerakkan ovum ke arah rahim dengan gerakan peristaltic. Ujungnya berbentuk corong berjumbai-jumbai (fimbrae). Fimbrae berfungsi untuk menangkap ovum yang dilepaskan oleh ovarium. Pembuahan sel telur oleh sperma terjadi pada oviduk, selanjtnya ovum yang telah dibuahi bergerak ke rahim (uterus).
   Rahim merupakan tempat pertumbuhan dan perkembangan embrio hingga dilahirkan. Rhim manusia bertipe simpleks, artinya hanya mempunyai satu rungan. Pada wanita yang belum pernah melahirkan, biasanya rahim berukuran panjang 7 cm dan lebar 4 cm. Rahim bagian bawah mengecil  
 
     

0 Tanggapan orang:

Posting Komentar

Kalo Coment Jgn Lupa Join Juga Ya..!!!!