Home » » Perkembangan Teknologi Komputer

Perkembangan Teknologi Komputer



            Seiring perkembangan zaman yang semakin canggih. Kemajuan teknologi di berbagai bidang juga menunjukkan kelebihan dan kemajuannya. Salah satunya adalah teknologi dalam bidang komputer. Teknologi komputer pada masa ini sudah menjadi bagian sehari-hari yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan.
          Kehidupan manusia saat ini nampaknya sudah tidak dapat lagi di lepaskan dari teknologi komputer. Bahkan, banyak peralatan berbasis komputer saat ini yang umum digunakan dan dimiliki oleh masyarakat misalnya Personal Data Assistant (PDA), Global Position System (GPS), Mobile Computer (dekstop, laptop), Mobile Phone (HP), Translator dan sebagainya.
          Komputer (compute) diambil dari computare (bhs latin) yang berarti menghitung (to compute / to recleon). Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.
          Awal mula teknologi omputer yang sebenarnya dibentuk oleh seorang Profesor Matematika Inggris Chartes Babbage (1791 – 1871). Tahun 1812 Babbage memerhatikan kesesuaian alam antara mesin mekanik dan Matematika.
          Mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulangkali  tanpa keselahan, sedang matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertentu. Perkembangan ilmu teknologi computer semakin maju sejak dirintis pertama kali oleh Babbage sebagai Bapak Computer pertama kali.
          Dari yang berukuran besar dan berton-ton beratnya hingga sekarang komputer bisa dibwa kemana-mana. Bahkan, ada yang bisa dimasukkan ke dalam saku mirip Handphone dan bisa mengakses internet. Umat manusia telah mencapai kemajuan sangat pesat dalam separuh abad ini dibandingkan semua tahapan dalam sejarah manusia.
          Salah satu alasan adalah kemajuan pesat dalam bidang teknologi computer, yang merupakan salah satu hal penting dalam teknologi informasi. Saat ini teknologi informasi sudah menyentuh setiap aspek kehidupan manusia.
          Pada mulanya, para ahli membuat teknologi computer hanya untuk mengolah data dalam membantu mempermudah pekerjaan ilmiwan. Lama kelamaan merambat ke dunia Perkantoran dan Pendidikan. Kini, hampir semua bidang kehidupan saat ini sangat memerlukan teknologi computer.
          Maka dari itu, ketrampilan menggunakan komputer menjadi sangat penting diperlukan dalam proses belajar / mengajar dari TK sampai Universitas, dan dalam kehidupan sehari-hari.
          Teknologi computer sangat membantu sebagai Alat Bantu (media), Alat Uji, Alat Peraga yang dapat berinteraksi dengan siswa/anak. Namun, interaksi komputer dengan anak, tetap memerlukan peran manusia (pengajar / guru yang berpengalaman).
          Untuk mengamalkan teknologi computer sangat diperlukan ialah :
·     Tenaga pengajar yang berpengalaman.
·     Pengadaan Peralatan LAB komputer dan lain-lain.
Saat ini sudah banyak sekolah yang menjadi sekolah favorit karena mempunyai tenaga pengajar komputer berpengalaman, memiliki LAB komputer yang memadai lengkap dengan internet 24 Jam.
Semoga pendidikan dengan bantuan komputer bisa membuat proses belajar tidak lagi membosankan dan bisa membuat pendidikan Indonesia bangkit mengejar dan mengalahkan Negara Maju.

0 Tanggapan orang:

Posting Komentar

Kalo Coment Jgn Lupa Join Juga Ya..!!!!